Sinergi atau Kerja sama

Sinergi. Pernah dengar mungkin dengan sinergi. Atau sudah akrab dengar sinergi barangkali bahkan ada yang baru dengar hari ini. Jelas berbeda dengan energi. Hanya kosanya saja yang sedikit menyamai.
Apa coba definisi sinergi? Kerja sama, kompak itu biasa yang terlintas sebagai jawaban pasar. Semacam percaya diri menafsirkan kerja sama itu equal dengan sinergi. Menilaikan sinergi itu sejajar dengan kerja sama. Keadaan yang sebenarnya adalah sinergi lebih tinggi tingkatnya daripada kerja sama. Salah satu makna sinergi itu adalah kerja sama. Tapi masih ada unsur lain di samping kerja sama. Kerja sama hanya salah satunya komponen dalam perilaku sinergi.
Pernah tau mungkin tentang kisah si buta dan si lumpuh. Disuatu hari, duduklah si buta dan si lumpuh di atas dipan kayu. Beberapa hari lalu, mereka diundang untuk hadiri kenduri. Kedua merekapun berbincang bagaimana cara untuk sampai ke acara kenduri di desa sebelah. Ternyata, ada seorang tua yang sedari tadi mengupingi percakapan mereka. Ianya kemudian memberikan saran pada si buta dan si lumpuh untuk sampai ke desa sebelah.
Hingga pada akhirnya mereka punya jalan. Si buta kemudian menggendong si lumpuh di punggungnya. Dengan kelemahan si buta, ianya punya kaki untuk berjalan ke arah desa. Pun dengan kelemahan si lumpuh, ianya punya mata dan mulut sebagai penunjuk jalan bagi si lumpuh. Begitu prosesnya, si lumpuh mengarahkan perjalanan dan si buta menggerakkannya. Itulah akhirnya, menempatkan posisi mereka sampai di acara kenduri desa sebelah.
Inilah hasil sinergi antara keduanya. Didalam menuju kesinergian, terdapat unsur kerja sama, komunikasi yang baik, berfikir terbuka dan juga ada rasa saling percaya. Nah, di dalam sinergi, ada perilaku saling menguntungkan dengan memanfaatkan masing-masing kelebihan dan tidak menjadikan setiap kelemahan sebagai penghalang. Berkolaborasi dalam mencapai solusi.
Sinergi dapat memunculkan kemudahan. Ketika dilakukan sinergi, pihak-pihak yang terlibat nantinya akan memperoleh keuntungan. Istilahnya, simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak akan saling menguntungkan. Tidak ada satu pihakpun yang dibebani dengan kerugian.
Hingga benarlah, sinergi lebih tinggi tingkatnya daripada kerja sama. Kerja sama hanya sebagian komponen penting dalam menuju kesinergian.

Comments